GUSRIANTI, EVI (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS VIIA SMP BUKIT RAYA PEKANBARU TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, FAKULTAS KEGURUAN & ILMU PENDIDIKAN.
Text
EVI GUSRIANTI.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (45kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dikelas VIIA SMP Bukit Raya Pekanbaru melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Bukit Raya Pekanbaru yang berjumlah 34 orang siswa. Parameter dalam Penelitian ini adalah daya serap dan ketuntasan belajar. Instrumen pengumpulan data daya serap siswa terdiri dari posttest,ulangan harian dan lembar observasi siswa dan guru. Dari hasil penelitian diketahui daya serap siswa siklus I yaitu 74,85% dengan kategori cukup dan siklus II meningkat menjadi 82,05% dengan kategori baik. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I yaitu 85,2% (tuntas) dan pada siklus II meningkat menjadi 100% (tuntas). Rerata aktivitas belajar siswa pada siklus I 77,55% (cukup) dan pada siklus II 91,97% (baik sekali). Rerata aktivitas guru pada siklus I adalah 80 (baik) dan siklus II 100 (baik sekali). Dari hasil penelitian uji paired sample t-test terdapat berbeda yang segnifikan, Berdasarkan hasil diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ekosistem dikelas VIIA SMP Bukit Raya Pekanbaru Tahun Ajaran 2015/2016. Kata Kunci: Ekosistem, Hasil belajar, Jigsaw II
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan & Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 4 not found. |
Date Deposited: | 19 Dec 2019 02:16 |
Last Modified: | 19 Dec 2019 02:16 |
URI: | http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/714 |
Actions (login required)
View Item |