PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READING, REFLECT, RECITE, REVIEW MELALUI MEDIA KOMIK BERGAMBAR PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII SMPN 1 KAMPAR KIRI TENGAH T.A 2015/2016

SURYANI, CICI (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READING, REFLECT, RECITE, REVIEW MELALUI MEDIA KOMIK BERGAMBAR PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII SMPN 1 KAMPAR KIRI TENGAH T.A 2015/2016. Other thesis, FAKULTAS KEGURUAN & ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
CICI SURYANI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (288kB)
Official URL: file:///D:/download/PDF%20JURNAL%20SUDAH%20DIINPUT...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran preview, question, reading, reflect, recite, review melalui media komik bergambar pada materi organisasi kehidupan terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMPN 1 Kampar Kiri Tengah bulan April 2016. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dengan jumlah siswa 27 orang dan VIIB dengan jumlah siswa 29 orang, yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa t-test. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil data uji-t N-Gain adalah 0,000 < 0,05 (α), maka tolak H0 yang artinya terdapat perbedaan signifikan antara N-Gain kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini juga dapat dilihat dari rerata N-Gain pada kelas eksperimen 0,79 (kategori tinggi), sedangkan pada kelas kontrol 0,44 (kategori sedang). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran preview, question, reading, reflect, recite, review melalui media komik bergambar pada materi organisasi kehidupan terhadap hasil belajar siswa di kelas VII SMPN 1 Kampar Kiri Tengah tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci: preview, question, reading, reflect, recite, review, komik bergambar, hasil belajar, organisasi kehidupan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan & Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2019 02:14
Last Modified: 19 Dec 2019 02:14
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/703

Actions (login required)

View Item View Item