PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS VII SMP NEGERI 15 PEKANBARU TAHUN AJARAN 2015 / 2016

RUPMAIKA, BUNGA (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS VII SMP NEGERI 15 PEKANBARU TAHUN AJARAN 2015 / 2016. Other thesis, FAKULTAS KEGURUAN & ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
BUNGA KASET.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (21MB)
Official URL: file:///D:/download/PDF%20JURNAL%20SUDAH%20DIINPUT...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran card sort berbantuan mind mapping terhadap penguasaan konsep siswa pada materi ekosistem kelas VII SMP Negeri 15 Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap bulan April 2016. Penelitian ini menggunakan desain the matching only pretest – posttest control group. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII1 dan kelas VII5 dengan jumlah masing-masing 30 orang, yang diambil dengan teknik simple rendom sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar aktivitas guru dan siswa. Analisis data menggunakan t-test independent 2 simple. Rerata N-Gain pada kelas kontrol adalah 0,18 (kategori rendah), dan pada kelas eksperimen adalah 0,43 (kategori sedang). Hasil uji-t N-Gain menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran card sort berbantuan mind mapping terhadap penguasaan konsep siswa pada materi ekosistem kelas VII SMP Negeri 15 Pekanbaru tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci : card sort, mind mapping, penguasaan konsep, ekosistem

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan & Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2019 02:13
Last Modified: 19 Dec 2019 02:13
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/702

Actions (login required)

View Item View Item