HUBUNGAN OPTIMISME DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TUALANG TAHUN AJARAN 2015/2016

SANDY BANGUN, AMERIA (2016) HUBUNGAN OPTIMISME DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TUALANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, FAKULTAS KEGURUAN & ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
Skripsi ame.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
Official URL: file:///D:/download/PDF%20JURNAL%20SUDAH%20DIINPUT...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan optimisme dengan prestasi belajar IPA siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tualang Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2016. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survey menggunakan koesioner. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 276 siswa dengan sampel 73 responden ditentukan dengan cara Simple Random Sampling . Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai r optimisme terhadap prestasi belajar 0.244 (sedang). Selanjutnya Koefisien determinan yang didapatkan sebesar 0.59. Hasil ini dapat disimpulkan bahwa variabel optimisme mempunyai hubungan terhadap prestasi belajar sebesar 59% dan sisanya sebesar 41% kemungkinan ditentukan oleh faktor lain. Kata Kunci : optimisme, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan & Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2019 02:12
Last Modified: 19 Dec 2019 02:12
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/699

Actions (login required)

View Item View Item