IDEOLOGI PATRIAKHI DALAM IKLAN PONSEL DI MEDIA CETAK

Syam, Essy (2005) IDEOLOGI PATRIAKHI DALAM IKLAN PONSEL DI MEDIA CETAK. Jurnal Ilmu Budaya, 1 (2). pp. 13-29. ISSN 1829-8338

[img] Text
679-Article Text-1238-1-10-20180314.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/jib/article...

Abstract

Penelitian ini menganalisis ideologi patriakhi yang terdapat dalam iklan ponsel di berbagai media cetak di Indonesia. DaZam penelitian ini iklan ponsel yang menjadi objek penelitian adalah ponsel ericsson KSOOi, Ericsson S700i, ericsson T610 dan P91 Oi. Dari keempat iklan ponsel itu, satu diantaranya yaitu iklan Ericsson KSOOi memperlihatkan suatu sosialisasi dan internalisasi sosok Zaki-Zaki yang maskulin, yang mempertegas atribut dan label yang dilekatkan pada laki-laki sebagai sosok yang superior, hero dan sentral. Sedangkan tiga (3) iklan lainya menampilkan imej perempuan yang menjadi objek male gaze, sehingga terjadi suatu bentuk objektifikasi terhadap perempuan. Objetijkasi ini dilakukan dengan menjadikan tubuh perempuan sebagai objek santapan pandangan mata (khususnya Zaki-Zaki). Hal ini menyiratkan adanya f etisme, suatu pemberhalaan atau pengagungan tubuh sehingga f aktor-f aktor dan kualitas­kualitas lain dalam diri perempuan tidak dianggap penting yang akhirnya mengakibatkan perempuan hanya diidentikkan dengan fisiknya saja. Keywords: ideologi, patriakhi, male gaze, iklan, fetisme, objektifkasi

Item Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Jurnal UNILAK > Jurnal Ilmu Budaya
Depositing User: Putri Novianti
Date Deposited: 10 Dec 2019 04:48
Last Modified: 10 Dec 2019 04:48
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/683

Actions (login required)

View Item View Item