Syam, Essy (2006) SUPERMAN: KONSTRUKSI DAN REKONSTRUKSI CITRA KEBAIKAN DAN REPRESENTASI AMERIKA. Jurnal Ilmu Budaya, 3 (1). pp. 46-54. ISSN 1829-8338
Text
691-Article Text-1256-1-10-20180315.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Analisis ini membuktikan bahwa suatu produk budaya populer seperti Superman merupakan suatu konstruksi dan rekonstruksi suatu citra I imej dalam hal ini citra kepahlawanan dan kebaikan yang melawan kejahatan di muka bumi. Sosok Superman ini merupakan representasi negara Amerika dengan segala kecanggihan teknologi dan kemajuan intelektualnya memiliki kekuatan dan kekuasaan untuk mengontrol dan mengendalikan dunia. Dengan demikian, suatu produk budaya populer merupakan suatu ajang dimana pertarungan ideologi terbentuk sehingga diperlukan daya kritis yang baik dalam mengkonsumsi produk-produk budaya populer seperti ini sehingga produk-produk tersebut dapat dimaknai dengan pemaknaan yang berbeda. Keywords: Konstruksi, Rekonstruksi, Citra, Superman, Budaya Populer
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Jurnal UNILAK > Jurnal Ilmu Budaya |
Depositing User: | Putri Novianti |
Date Deposited: | 10 Dec 2019 04:46 |
Last Modified: | 10 Dec 2019 04:46 |
URI: | http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/670 |
Actions (login required)
View Item |