STANDAR PELAYANAN PUBLIK BERBASIS ONLINE PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KAMPAR

IQBAL, AHMED (2018) STANDAR PELAYANAN PUBLIK BERBASIS ONLINE PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KAMPAR. Other thesis, FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI.

[img] Text
AHMED IQBAL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (334kB)
Official URL: file:///D:/SKRIPSI%20UNTUK%20REPO/fia/AHMED%20IQBA...

Abstract

Standar pelayanan merupakan ukuran yang telah ditentukan sebagai suatu pembakuan pelayanan yang baik. Standar pelayanan mengandung baku mutu pelayanan. pelayanan prima dapat diwujudkan jika ada standar pelayanan minimal (SPM) adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai komitmen atau janji dari penyelenggara negara kepada masyarakat untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. Pemberian palayanan yang memenuhi standar yang telah ditetapkan memang menjadi bagian yang perlu dicermati.Saat ini masih sering dirasakan bahwa kualitas pelayanan minimum sekalipun masih jauh dari harapan masyarakat. Yang lebih memprihatinkan lagi, masyarakat hampir sama sekali tidak memahami secara pasti tentang pelayanan yang seharusnya diterima dan sesuai dengan prosedur pelayanan yang baku oleh pemerintah. Masyarakatpun enggan mengadukan apabila menerima pelayanan yang buruk, bahkan hampir pasti mereka pasrah menerima layanan seadanya. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kampar sebagai instansi pemerintah membantu dalam pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat dengan tugas pokok melaksanakan sebagian urusan pemerintah daerah dibidang kependudukan dan pencatatan sipil dan bertanggung jawab langsung kepada Bupati melalui sekretaris daerah. Kegiatan Pelayanan kependudukan pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kampar meliputi Kartu Keluarga Pendatang, Kartu Identitas Pendatang, Surat Keterangan Pindah Keluar, KK, KTP, Surat Keterangan Ahli Waris, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perkawinan, Akta Perceraian dan Pencatatan Pengakuan Anak. Berdasarkan dari hasil observasi penulis dilapangan ditemukan beberapa permasalahan dalam standard pelayanan tersebut. gejala – gejala tersebut adalah sebagai berikut :

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Prodi Administrasi Negara
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2019 03:45
Last Modified: 03 Dec 2019 03:45
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/508

Actions (login required)

View Item View Item