YASID, HAMDAN (2008) EFISIENSI PEMASARAN JAGUNG MANIS DI KOTA PEKANBARU. Fakultas Pertanian, Universitas Lancang Kuning, 4 (2). pp. 4-17. ISSN 2502-5988
Text
1345-Article Text-2526-1-10-20180603.pdf Download (70kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi saluran pemasaran jagung manis yang terjadi di Kota Pekanbaru. Kendala dan permasalahan yang dihadapi dalam pemasaran komoditas jagung manis akan dikaji guna mendapatkan masukan bagi perbaikan sistem pemasaran yang ada. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan informasi dan kejelasan mengenai efisiensi pemasaran jagung manis yang terjadi di Kota Pekanbaru. Dengan demikian kendala dan permasalahan yang dihadapi dalam pemasaran jagung manis dapat diketahui untuk perbaikan sistem pemasaran yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pemasaran jagung manis yang digunakan sudah efisien. Hal ini tercermin dari persentase marjin, “farmers share”, efisiensi pemasaran. Margin pemasaran terbesar diperoleh pedagang pengecer pada saluran pemasaran II yaitu Rp 1.041,67 pertongkol dan margin pemasaran terkecil diperoleh pedagang-pedagang besar pada saluran II dan III yaitu Rp 502,50 pertongkol. Bila dilihat dari efisiensi pemasaran ketiga saluran, saluran I lebih efisien dibandingkan saluran II dan III dimana efisiensi saluran I adalah Rp 20 persen. Kata Kunci : efisiensi, pemasaran, jagung manis
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Prodi Agroteknologi |
Depositing User: | Dina Dina |
Date Deposited: | 07 Nov 2019 03:43 |
Last Modified: | 07 Nov 2019 03:43 |
URI: | http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/372 |
Actions (login required)
View Item |