Efek Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Berbantuan Lembar Kerja Siswa terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP

San, Selvianus and Jelatu, Silfanus and Jehadus, Emilianus (2018) Efek Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Berbantuan Lembar Kerja Siswa terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Lectura: Jurnal Pendidikan, 09 (02). pp. 167-183. ISSN 2549-063X

[img] Text
3101-Article Text-7125-1-10-20190808.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (911kB)
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/lectura/art...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan lembar kerja siswa (LKS) terhadap hasil belajar siswa, secara khusus hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di SMPN Lengor, Manggarai NTT. Desain penelitian ini adalah posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN Lengor tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 120 orang. Sebanyak 47 siswa yang tersebar di dua kelas terpilih sebagai kelompok sampel. Pemilihan sampel menggunakan teknik cluster sampling. dengan Hasil pemilihan tersebut diperoleh kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes multiple choice dengan empat alternatif jawaban. Intrumen terlebih dahulu diuji tingkat validitas, reliabilitas, daya beda, dan taraf kesukaran. Data selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji t. Sebelum dilakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji asumsi yakni normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksprimen adalah 80.5 dan kelas kontrol sebesar 59,6. Berdasarkan data hasil analisis diperoleh 9,49 dan 1,68 pada taraf signifikan   0,05 . Karena thitung ≥ ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar IPA Biologi siswa antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan lembar kerja siswa dengan model pembelajaran langsung. Selain itu, dapat pula disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan lembar kerja siswa (LKS) berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII SMPN Lengor-Rahong Utara tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, Jigsaw, Hasil belajar IPA.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan & Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2019 10:03
Last Modified: 21 Oct 2019 10:03
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/37

Actions (login required)

View Item View Item