Analisis Data Lulusan dengan Data Mining untuk Mendukung Strategi Promosi Universitas Lancang Kuning

Asril, Elvira and Wiza, Fana and Yunefri, Yogi (2015) Analisis Data Lulusan dengan Data Mining untuk Mendukung Strategi Promosi Universitas Lancang Kuning. Digital Zone: Jurnal teknologi informasi dan Komunikasi, 6 (2). pp. 24-32. ISSN 2477-3255

[img] Text
94-Article Text-169-1-10-20180211.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (460kB)
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/dz/article/...

Abstract

Setiap perusahaan maupun organisasi yang ingin tetap bertahan perlu untuk menentukan strategi promosi yang tepat. Penentuan strategi promosi yang tepat akan dapat mengurangi biaya promosi dan mencapai sasaran promosi yang tepat. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk penentuan strategi promosi adalah dengan menggunakan teknik data mining. Teknik data mining yang digunakan dalam hal ini adalah dengan menggunakan algoritma Clustering K-Means. Clustering merupakan pengelompokkan record, observasi, atau kasus ke dalam kelas-kelas objek yang mirip. K-Means adalah metode klaster data non-hirarkis yang mencoba untuk membagi data ke dalam satu atau lebih klaster. Penelitian dilakukan dengan mengamati beberapa variabel penelitian yang sering dipertimbangkan oleh perguruan tinggi dalam menentukan sasaran promosinya yaitu asal sekolah, daerah, dan jurusan. Hasil penelitian ini adalah berupa pola menarik hasil data mining yang merupakan informasi penting untuk mendukung strategi promosi yang tepat dalam mendapatkan calon mahasiswa baru.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: Users 6 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2019 03:31
Last Modified: 07 Nov 2019 03:31
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/309

Actions (login required)

View Item View Item