PENGGUNAAN ALGORITHMA APRIORI DATA MINING UNTUK MENGETAHUI TINGKATKESETIAAN KONSUMEN (BRAND LOYALITY) TERHADAP MEREK KENDERAAN BERMOTOR (STUDI KASUS DEALER HONDA RUMBAI)

choiriah, Wirdah (2016) PENGGUNAAN ALGORITHMA APRIORI DATA MINING UNTUK MENGETAHUI TINGKATKESETIAAN KONSUMEN (BRAND LOYALITY) TERHADAP MEREK KENDERAAN BERMOTOR (STUDI KASUS DEALER HONDA RUMBAI). Digital Zone: Jurnal teknologi informasi dan Komunikasi, 7 (1). pp. 44-52. ISSN 2477-3255

[img] Text
524-Article Text-1044-1-10-20180227.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (894kB)
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/dz/article/...

Abstract

Algoritma yang umum digunakan dalam proses pencarian frequent itemset (data yang paling sering muncul) adalah Apriori. Tetapi Algoritma Apriori mempunyai memiliki kekurangan yaitu membutuhkan waktu yang lama dalam proses pencarian frequent itemset. Dengan memanfaatkan data Transaksi konsumen yang dihubungkan dengan pola kesetiaan konsumen terhadap merek kenderaan bermotor Honda maka pola hubungan keduanya melalui teknik data mining, association rule. Kategori profesi, jenis kelamin konsumen dan merek kenderaan bermotor di ukur dengan parameter pada tingkat ketertarikan konsumen terhadap merek kenderaan yang di sajikan. Algoritma yang digunakan adalah algoritma apriori, informasi yang ditampilkan berupa nilai support dan confidence dari masing-masing kategori.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: Users 6 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2019 03:29
Last Modified: 07 Nov 2019 03:29
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/297

Actions (login required)

View Item View Item