Sistem penunjang keputusan penetapan siswa inklusi kesulitan belajar di sekolah dasar

Van FC, Lucky Lhaura and Lestari, Novia (2018) Sistem penunjang keputusan penetapan siswa inklusi kesulitan belajar di sekolah dasar. Digital Zone: Jurnal teknologi informasi dan Komunikasi, 9 (1). pp. 71-81. ISSN 2477-3255

[img] Text
670-Article Text-2451-1-10-20180531.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (459kB)
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/dz/article/...

Abstract

Pendidikan merupakan hak semua warganegara, tak terkecuali bagi warganegara yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual dan/atau sosial, yang berhak memperoleh pendidikan khusus. Salah satu implementasinya adalah berupa kebijakan dari dinas pendidikan kabupaten/kota yang menyarankan sekolah reguler siap sedia memberikan program inklusi jika memiliki siswa Inklusi atau berkebutuhan khusus, salah satunya adalah siswa inklusi kesulitan belajar. Permasalahan yang sering dihadapi dalam penetapan siswa inklusi adalah saat menyelenggarakan proses belajar mengajar, kepala sekolah bersama dengan guru-guru harus memilih dan menetapkan peserta didik yang patut mendapakan pendidikan inklusi sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Saat ini penilaian dari setiap kriteria belum menggunakan suatu metode keputusan, sehingga penilaian antar peserta masih menggunakan prediksi atau perkiraan yang dapat menimbulkan penilaian bersifat subyektif. Dampak lebih lanjut dari permasalahan tersebut yaitu menimbulkan kurang tepatnya pemilihan siswa inklusi kesulitan. Dengan perkembangan teknologi informasi yang mencakup segala bidang, perlu dirancang sebuah sistem yang dapat membantu dalam penetapan siswa inklusi kesulitan belajar, agar dapat membantu mempermudah pihak sekolah dalam menyeleksi dan menetapkan siswa inklusi kesulitan belajar, sehingga hasil yang diinginkan tepat sasaran dan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Hal tersebut dapat terbantu dengan sistem pendukung keputusan penetapan siswa inklusi kesulitan belajar menggunakan metode Analitycal Hierarcy Process (AHP) yang mampu membantu memecahkan persoalan yang kompleks menjadi lebih sederhana dan mempercepat proses pengambilan keputusan.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Prodi Teknik Informatika
Depositing User: Users 6 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2019 03:24
Last Modified: 07 Nov 2019 03:24
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/266

Actions (login required)

View Item View Item