PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR CAMAT SAIL KOTA PEKANBARU

sri roserdevi nasution, sri (2018) PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR CAMAT SAIL KOTA PEKANBARU. Jurnal Niara, 10 (2). pp. 72-77. ISSN 2528-7575

[img] Text
1904-Article Text-3383-1-10-20181015 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (50kB)
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/nia/article...

Abstract

Good Governance merupakan wajah baru dalam melaksanakan prinsip-prinsip pelayanan publik di era reformasi. Pelayanan publik menurur UU No 25 Tahun 2009 adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggaraan pelayanan publik. Pelayanan publik dilakukan oleh pemerintah kepada masyarakat yang meminta layanan. Tipe penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini hampir semua prinsip-prinsip good governance dalam pelayanan belum berjalan sesuai dengan yang di agendakan dari UNDP seperti prinsip partisipasi, aturan hukum, transparansi, daya tanggap, berorientasi konsensus, berkeadilan, efektifitas, akuntabilitas, dan visi strategis, banyak yang menjadi penghambat jalannya prinsip-prinsip good governance. Kesimpulannya Dari hasil penelitian, maka penulis menyimpulkan bahwa penerapan good governance dalam pelaksanaan pelayanan di Kantor Camat Sail belum maksimal. Hal ini dikarenakan bahwa antara pimpinan dan bawahan belum terlaksananya komunikasi yang sejalan sehingga meskipun Camat sudah mencoba memberikan yang terbaik tetapi apabila tidak di dukung oleh bawahan akan sulit terlaksana. Kekurangan SDM merupakan salah satu yang menjadi faktor penghambat dalam penerapan prinsip-prinsip good governance di Kantor Camat Sail. Kata Kunci: Good Governance, Pelayanan Publik

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Prodi Administrasi Negara
Depositing User: Zuliyati Zuliyati
Date Deposited: 21 Oct 2019 10:22
Last Modified: 21 Oct 2019 10:22
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/202

Actions (login required)

View Item View Item