STUDI PENGGUNAAN VARIABLE SPEED DRIVE UNTUK PENGATURAN KECEPATAN MOTOR EXHAUST FAN PADA DYNO TEST ROOM PT. TRAKINDO UTAMA PEKANBARU

Prasetyo, Elham and Zondra, Elvira and Situmeang, Usaha (2018) STUDI PENGGUNAAN VARIABLE SPEED DRIVE UNTUK PENGATURAN KECEPATAN MOTOR EXHAUST FAN PADA DYNO TEST ROOM PT. TRAKINDO UTAMA PEKANBARU. Jurnal Teknik, 12 (2). pp. 85-96. ISSN 1858-4217

[img] Text
1755-Article Text-4440-1-10-20190108.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/teknik/arti...

Abstract

Exhaust fan adalah peralatan berupa sudu-sudu yang berputar dan memanfaatkan gaya sentrifugal untuk membuang exhaust gas hasil pembakaran bahan bakar solar engine diesel pada saat dilakukan tes pembebanan penuh. Dengan exhaust fan, gas karbondioksida yang dihasilkan oleh engine diesel memungkinkan untuk dibuang dengan cepat sehingga tidak memenuhi ruangan dan membahayakan bagi setiap karyawan. Pengoperasian exhaust fan dilakukan sesuai jadwal pengetesan engine. Exhaust fan tersebut digerakkan oleh motor induksi 3 phasa 30 kW dengan putaran nominal secara konstan. Pada saat pengetesan engine dengan nilai aliran gas buang yang rendah, exhaust fan tetap dioperasikan dengan kecepatan nominal. Operasional motor exhaust fan dengan kecepatan konstan seperti ini akan mengakibatkan konsumsi daya listrik yang relatif tinggi dari pada motor dengan kecepatan berubah-ubah sesuai kebutuhan. Sebagai pertimbangan hasil perhitungan untuk engine C 18 Caterpillar kapasitas 831 hp yang sebelumya membutuhkan operasional exhaust fan dengan daya 24,7927 kW nilai sama untuk semua model engine, setelah penggunaan VSD dapat dikurangi sebesar 14,35 % menjadi 21,2343 kW saja. Penelitian ini bertujuan mendapatkan probabilitas hubungan antara konsumsi energi listrik, frekuensi pada variable speed drive, putaran motor induksi dan nilai aliran udara pada cerobong exhaust fan. Nilai aliran udara exhaust fan tersebut akan disesuaikan dengan nilai aliran gas pembakaran yang dihasilkan oleh engine. Analisa optimasi motor exhaust fan ini sedianya akan menggunakan Matematic Analysis dan simulasi menggunakan simulink matlab sehingga diharapkan ada solusi untuk melakukan penghematan terhadap konsumsi daya motor, kemudian bisa diterapkan dalam semua pengoperasian motor yang ada di perusahaan. Kata kunci : variable speed drive, motor induksi, exhaust fan

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Teknik Elektro
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2019 10:22
Last Modified: 21 Oct 2019 10:22
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/196

Actions (login required)

View Item View Item