Sari, Ermina (2015) HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK PADA MAKHLUK HIDUP DI KELAS VIII SMP NEGERI 16 PEKANBARU TAHUN AJARAN 2014/2015. Lectura: Jurnal Pendidikan, 6 (1). pp. 1-9. ISSN 2549-063X
Text
185-Research Results-401-1-10-20180217.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (268kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak pada makhluk hidup dikelas VIII SMP Negeri 16 Pekanbaru tahun ajaran 2014/2015 yang dilakukan pada bulan November 2014. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah 71 orang siswa kelas VIII menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai r disiplin belajar terhadap hasil belajar 0,127 positif sangat rendah, nilai r motivasi belajar terhadap hasil belajar 0,181 positif sangat rendah, dan nilai koefisien korelasi ganda antara disiplin belajar dan motivasi belajar R = 0,181 positif sangat rendah. Selanjutnya dengan rumus koefisien determinan didapatkan hasil sebesar 0.0327. Artinya variabel disiplin belajar dan motivasi belajar mempunyai hubungan terhadap hasil belajar sebesar 3,27 % dan sisanya sebesar 96,73 kemungkinan ditentukan oleh faktor lain. Kata kunci: Disiplin belajar, Motivasi belajar, Hasil belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan & Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 4 not found. |
Date Deposited: | 21 Oct 2019 10:19 |
Last Modified: | 21 Oct 2019 10:19 |
URI: | http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/168 |
Actions (login required)
View Item |