Bastian, Adolf (2015) REORIENTASI PARADIGMA PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME DAN PROFESIONALISME DOSEN UNTUK MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DALAM ABAD PENGETAHAUN. Lectura: Jurnal Pendidikan, 6 (2). pp. 1-9. ISSN 2549-063X
Text
190-Research Results-411-1-10-20180217.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (44kB) |
|
Text
3. Reorienrasi paradigma pembelajaran konstruktivisme dan profesionalisme dosen ok.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. Peer Review Reorientasi Paradigma Pembelajaran Konstruktivisme.pdf Download (264kB) |
Abstract
Tujuan penulisan ini adalah untuk memaparkan pentingnya sebuah profesionalisme pendidik khususnya profesionalisme dosen. Penulisan ini bermanfaat bagi para pendidik untuk menilai kinerja dosen dalam proses pembelajaran melalui angket kinerja dosen yang diisi oleh mahasiswa dalam meningkatkan komitmen mereka sehingga menjadi dosen yang profesional dan meningkatkan mutu kelulusan. Paradigma pembelajaran konstruktivisme pada abad pengetahuan berorientasi pada pembelajaran yang berbasis pada aliran konstruktivistik dapat diberikan indikatornya Pertama, aktivitas pembelajaran lebih mengutamakan aktivitas pebelajar dari pada aktivitas pengelola pembelajaran. Kedua, latar belajar dan pembelajaran memperhitungkan konsepsi utama pebelajar yang dibawa ke dalam aktivitas belajar sebagai bagian dari aktivitas pembelajaran. Ketiga, materi pembelajaran perlu diangkat dari pengalaman personal pebelajar, mempertimbangkan kehidupan nyata yang dialami, dan di masyarakat sekitar. Keempat, kurikulum tidak lagi dipandang sebagai kumpulan deskripsi keterampilan yang akan ditransfer ke pebelajar, tetapi sebagai rangkaian tugas dan strategi pelaksanaannya. Kelima, karakteristik interaksi belajar di latar kelas bercirikan: aktif dengan konsepsi dirinya terintegrasi dalam situasi belajar untuk membangun makna, dalam membangun makna berlangsung secara personal dan sosial, dosen membawa dan mengintegrasikan konsepsinya (isi dan pembelajaran) dalam memfasilitasi proses pembelajaran. Abad 21 (abad pengetahuan) dan meninggalkan abad informasi dan industrial. Kecenderungan abad ini adalah menempatkan human capital/intelectual capital sebagai tiang utama dalam memenuhi berbagai kebutuhan hidup, baik pada tataran individu maupun kelompok (masyarakat, bangsa, dan negara). Kata kunci: konstruktivisme, profesionalisme dosen, mutu lulusan, abad pengetahaun
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan & Pendidikan > Prodi Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 4 not found. |
Date Deposited: | 21 Oct 2019 10:19 |
Last Modified: | 31 May 2021 03:51 |
URI: | http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/161 |
Actions (login required)
View Item |