PENGARUH MODEL ACCELERATED LEARNING INCLUDED BY DISCOVERY (ALID) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERIGERAK TUMBUHAN

Sari, Ermina and Rijois, Rijois (2016) PENGARUH MODEL ACCELERATED LEARNING INCLUDED BY DISCOVERY (ALID) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERIGERAK TUMBUHAN. Lectura: Jurnal Pendidikan, 7 (1). pp. 103-113. ISSN 2549-063X

[img] Text
238-Research Results-590-1-10-20180219.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (152kB)
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/lectura/art...

Abstract

: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Accelerated Learning Included by Discovery (ALID) terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak tumbuhan kelas VIII SMP Negeri 4 Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan the matching onlypretest-posttest control group design. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling. Analisis data menggunakan Uji-t independent 2 samples. Berdasarkan hasil uji-t N-Gain, rerata N-Gain kelas kontrol adalah 0,56 (kategori sedang) dan kelas eksperimen adalah 0,79 (kategori tinggi). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Accelerated Learning Included by Discovery (ALID) terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak tumbuhan kelas VIII SMP Negeri 4 Pekanbaru T.A 2015/2016. Kata kunci: Accelerated Learning Included by Discovery (ALID), hasil belajar, gerak tumbuhan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan & Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2019 10:18
Last Modified: 21 Oct 2019 10:18
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item View Item