Jumiati, Jumiati and Fenita, Riska (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS VIII SMPN 5KABUPATEN ROKAN HULU T.A 2015/2016. Lectura: Jurnal Pendidikan, 7 (1). pp. 89-102. ISSN 2549-063X
Text
237-Research Results-588-1-10-20180219.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (311kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif learning cell terhadap hasil belajar siswa pada sistem pernapasan manusia. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII1 dan VIII2dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data melalui pretest, posttest, lembar observasi siswa dan guru.Rerata N-Gain kelas eksperimen 0,81, sedangkan kelas kontrol 0,41. Berdasarkan uji u-man whitney terdapat perbedaan yang signifikan antara N-gain kelas kontrol dan eksperimen. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran aktif learning cellterhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia di kelas VIII SMPN 5 Kabupaten Rokan Hulu Tahun Ajaran 2015/2016. Kata kunci : learning cell, hasil belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan & Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 4 not found. |
Date Deposited: | 21 Oct 2019 10:18 |
Last Modified: | 21 Oct 2019 10:18 |
URI: | http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/147 |
Actions (login required)
View Item |