PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS VIII SMPN 5KABUPATEN ROKAN HULU T.A 2015/2016

Jumiati, Jumiati and Fenita, Riska (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS VIII SMPN 5KABUPATEN ROKAN HULU T.A 2015/2016. Lectura: Jurnal Pendidikan, 7 (1). pp. 89-102. ISSN 2549-063X

[img] Text
237-Research Results-588-1-10-20180219.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (311kB)
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/lectura/art...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif learning cell terhadap hasil belajar siswa pada sistem pernapasan manusia. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII1 dan VIII2dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data melalui pretest, posttest, lembar observasi siswa dan guru.Rerata N-Gain kelas eksperimen 0,81, sedangkan kelas kontrol 0,41. Berdasarkan uji u-man whitney terdapat perbedaan yang signifikan antara N-gain kelas kontrol dan eksperimen. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran aktif learning cellterhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia di kelas VIII SMPN 5 Kabupaten Rokan Hulu Tahun Ajaran 2015/2016. Kata kunci : learning cell, hasil belajar.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan & Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2019 10:18
Last Modified: 21 Oct 2019 10:18
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/147

Actions (login required)

View Item View Item