PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI MEDIA FLIPCHART TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERIORGANISASI KEHIDUPAN KELAS VII SMP METHODIST PEKANBARU T.A 2015/2016

Sari, Martala and Maryani, Iis (2016) PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI MEDIA FLIPCHART TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERIORGANISASI KEHIDUPAN KELAS VII SMP METHODIST PEKANBARU T.A 2015/2016. Lectura: Jurnal Pendidikan, 7 (2). pp. 68-78. ISSN 2549-063X

[img] Text
253-Research Results-610-1-10-20180219.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (267kB)
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/lectura/art...

Abstract

:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui media flipchart terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi organisasi kehidupan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan November-Desember 2015 di kelas VII SMP Methodist Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIa dan VIIb dengan jumlah siswa masingmasing 26 siswa, yang diambil dengan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa t-test. Rerata N-Gain pada kelas eksperimen 0,55 (kategori sedang), sedangkan pada kelas kontrol 0,22 (kategori rendah). Berdasarkan analisis uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara pengetahuan konseptual kelas kontrol dan eksperimen.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui media flipchart berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi organisasi kehidupan kelas VII SMP Methodist Pekanbaru. Kata kunci: contextual teaching and learning, pengetahuan konseptual, flipchart, organisasi kehidupan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan & Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2019 10:18
Last Modified: 21 Oct 2019 10:18
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/144

Actions (login required)

View Item View Item