Awal, Raudhah and Febriyani, Herlina (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO BERBANTUAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK PADA TUMBUHAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 MINAS. Jurnal Pendidikan, 7 (2). pp. 33-49. ISSN 2549-063X
Text
250-Research Results-604-1-10-20180219.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (131kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran the power of two berbantuan crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak pada tumbuhan di kelas VIII SMP Negeri 1 Minas. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan November tahun ajaran 2015/2016. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan the matching only pretest-posttest group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII1 dan VIII2, yang diambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t independen 2 sampel. Rerata N-Gain pada kelas eksperimen adalah 0,75 kategori tinggi dan pada kelas kontrol 0,25 kategori rendah. Berdasarkan analisis hasil uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran the power of two berbantuan crossword puzzle memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak pada tumbuhan di kelas VIII SMP Negeri 1 Minas Tahun Ajaran 2015/2016. Kata kunci : the power of two, crossword puzzle, hasil belajar, gerak pada tumbuhan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan & Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 4 not found. |
Date Deposited: | 21 Oct 2019 10:17 |
Last Modified: | 21 Oct 2019 10:17 |
URI: | http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/136 |
Actions (login required)
View Item |