ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR KECAMATAN SUKAJADI KOTA PEKANBARU

RONY, RONY (2018) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR KECAMATAN SUKAJADI KOTA PEKANBARU. Other thesis, Universitas Lancang Kuning.

[img] Text
RONY .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (118kB)

Abstract

Pelayanan merupakan tanggung jawab pemerintah, baik pemerintah pusat maupun daerah atas kegiatan yang ditujukan untuk kepentingan publik atau masyarakat. Hal yang dirasakan masyarakat dalam pelayanan publik akan terpenuhi ketika apa yang diberikan oleh pegawai sesuai dengan apa yang mereka harapkan, dimana dalam pelayanan jasa itu yang terpenting adalah kualitas pelayanan yang diberikan oleh Kantor Camat belum maksimal terlihat dari penyelesaian berkas yang tidak tepat pada waktunya. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode deskriptif yang menggunakan data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui wawancara atau interview serta kuesioner penelitian. Melalui teknik analisisini akan diperoleh kecenderungan tanggapan pengunjung yang ada di Kantor Kecamatan Sukajadi Pekanbaru. Dan sampel dipilih dengan menggunakan cara metode accidental sampling yaitu dengan mengambil sampel secara acak dan menggunakan rumus slovin dari populasi yang ada. Sehingga sampel diperoleh sebanyak 93,19 dan digenapkan menjadi 93 orang responden yang menjadi pengunjung di Kantor Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bukti fisik sudah baik, dimana ratarata indikator 3,95, 3,73 dan 3,70. Empati sudah dikatakan baik, nilai rata-rata indikator sebesar 3,71, 3,16 dan 3,72. Daya tanggap sudah dikatakan baik juga. Dan keandalan setiap indikatornya memiliki nilai rata-rata diatas 3,00 sehingga dikatakan baik, sedangkan untuk jaminan sudah dikatakan baik juga dimana nilai rata-rata setiap indikator sebesar 3,90, 3,43 dan 3,71. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah jika dilihat dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa kualitas pelayanan yang terdiri dari Bukti fisik (Tangibles), Empati (Emphathy), Daya Tanggap (Responsiveness), Keandalan (Reliability), dan Jaminan (Assurance) sudah dikatakan baik karena nilai rataratanya berada diatas angka 3,00.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Prodi Manajemen
Depositing User: Users 6 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2019 08:58
Last Modified: 31 Dec 2019 08:58
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/1301

Actions (login required)

View Item View Item