PEMANFAATAN e-KIOSK SEBAGAI PENUNJANG LAYANAN UNTUK MENCARI INFORMASI DI PERPUSTAKAAN SOEMAN HS

KAIRI, T. AHMAD (2015) PEMANFAATAN e-KIOSK SEBAGAI PENUNJANG LAYANAN UNTUK MENCARI INFORMASI DI PERPUSTAKAAN SOEMAN HS. Other thesis, Universitas Lancang Kuning.

[img] Text
T. AHMAD KAIRI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pemanfaatan e-Kiosk Sebagai Penunjang Layanan Untuk Mencari Informasi Di Perpustakaan Soeman Hs”. Kemajuan teknologi informasi saat ini telah mendukung segala kebutuhan dan permintaan akan informasi melalui penciptaan media penyampaian informasi. Salah satu bentuknya adalah, kiosk informasi yang merupakan penggabungan antara komputer dan multimedia. Tujuan dari penulisan skripsi ini yaitu untuk untuk mengetahui pemanfaatan ekiosk di sebagai penunjang layannan untuk mencari informasi di perpustakaan Soeman Hs Provinsi Riau. dengan menggunakan fasilitas e-Book, Video Streaming, Jejaring Sosial dan Permainan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Deskiritif kualitatif dengan cara mengumpulkan data Observasi, Anket dan Wawancara. Kesimpulan yang didapat dengan adanya Pemanfaatan e-Kiosk sebagai penunjang layanan untuk mencari nformasi di Perpustakaan Soeman HS Provinsi Riau selama satu bulan adalah Pemanfaatan e-kiosk dilihat dari hasil Absensi pemanfaatan e-kiosk menggunakan fasilitas e-Book, Video Streaming, Jejaring Sosial, dan Permainan paling tinggi pemanfaatannya adalah dengan menggunakan fasilitas Jejaring Sosial dengan pengguna sebanyak 303 orang atau 60 %. Selanjutnya dilihat dari hasil angket pemanfaatan e-Kiosk dengan menggunakan fasilitas e-Book sebanyak 44 orang atau 9 %, Video Streaming sebanyak 83 orang atau 19 %, Jejaring Sosial sebanyak 295 orang atau 62 % dan perpmainan sebanyak 57 orang atau12 %. Dan ditarik lagi kesimpulan hasil yang paling tinggi dari pemanfaatan e-kiosk dengan indikator pekerjaanlebih mudah, bermanfaat, dan meiningkatkan produktifitas dan efektifitas adalah pemanfaatan e-kiosk dengan menggunakan fasilitas Jejaring social, dengan pengguna 295 orang atau 62 %. Dengan jawaban indikator pekerjaan lebih mudah yang menjawab Ya sebanyak 96 atau 32 % yan menjawab tidak 5 orang atau 3 %. Bermanfaat yang menjawab Ya 86 orang atau 29% yang menjawab Tidak 10 orang atau 3 %. Meningkatkan produktifitas dan efektifitas yang menjawab Ya 90 orang atau 30 % yang menjawab Tidak 8 orang atau 3 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Prodi Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 6 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2019 08:49
Last Modified: 31 Dec 2019 08:49
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/1214

Actions (login required)

View Item View Item