PENGARUH PENDIDIKAN PEMAKAI TERHADAP PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN UIN SUSKA RIAU (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan)

AMELIA, RINA (2012) PENGARUH PENDIDIKAN PEMAKAI TERHADAP PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN UIN SUSKA RIAU (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan). Other thesis, Universitas Lancang Kuning.

[img] Text
RINA AMELIA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (109kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul : Pengaruh pendidikan pemakai terhadap pemanfaatan perpustakaan UIN SUSKA Riau ; studi kasus mahasiswa fakultas Tarbiyah dan keguruan. Adapun subyek penelitian ini adalah : mahasiswa yang telah mengikuti pendidikan pemakai di Perpustakaan UIN SUSKA Riau. Sifat dari penelitian ini adalah Deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah : sampel bertujuan Hasil koefisien pendidikan pemakai (X1) menunjukkan pengaruh Variabel X1 yaitu metode pendidikan pemakai yang digunakan dalam program pendidikan pemakai di UIN SUSKA Riau, memberikan kontribusi pengaruh terhadap pemanfaatan perpustakaan sebesar 1,279 . Hasil koefisien menunjukkan pengaruh variabel X2 yaitu waktu pelaksanaan pendidikan pemakai di UIN SUSKA Riau, memberikan kontribusi pengaruh terhadap pemanfaatan perpustakaan sebesar 2,344. Hasil koefisien menunjukkan pengaruh variabel X3 yaitu materi yang disampaikan dalam program pendidikan pemakai di Perpustakaan UIN SUSKA Riau memberikan kontribusi pengaruh sebesar 0,705 terhadap pemanfaatan perpustakaan UIN SUSKA Riau. Hasil perhitungan yang dilakukan terhadap besar pengaruh variabel X4 yakni instruktur pendidikan pemakai di Perpustakaan UIN SUSKA Riau menunjukkan sebesar -0,373. Menurut peserta pendidikan pemakai instrukur pendidikan pemakai di UIN SUSKA Riau tahun 2010 s/d 2011 kurang memuaskan, sehingga terlihat dari hasil pengujian kuesioner yang memberikan pengaruh negatif didalam pemanfaatan permustakaan. Melalui tabel dari olahan program SPSS didapat data bahwa variabel X1. X2, dan X3 dinyatakan signifikan, kesimpulan tersebut didasarkan data pada pada kolom signifikan menunjukkan angka 0,000. Yang lebih kecil dari pada 0.05. Sehingga ketiga variabel x tersebut berpengaruh signifikan. Sedangkan pada X4 tidak signifikan dengan skor 0,226 yang lebih besar dari pada 0.05 Dengan demikian dapatlah disimpulkan bahwa pengaruh pendidikan pemakai terhadap pemanfaatan perpustakaan adalah signifikan, sehingga Ho = ditolak dan Ha = diterima. Sebagai saran dalam penelitian ini : Program pendidikan pemakai di UIN SUSKA Riau sudah berjalan dengan baik, namun dalam pelaksanaannya ternyata dari segi instruktur perlu adanya perbaikan kearah yang lebih baik. Pembenahan juga perlu ditingkatkan dalam materi yang disampaikan dalam pendidikan pemakai, perlu menyesuaikan dengan kondisi terkini di perpustakaan UIN SUSKA Riau.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Prodi Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 6 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2019 08:43
Last Modified: 31 Dec 2019 08:43
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/1168

Actions (login required)

View Item View Item