PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP MINAT BACA KELAS V DI SDN 118 RUMBAI PESISIR PEKANBARU TAHUN AJARAN 2012/2013

JANNAH, NURUL (2013) PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP MINAT BACA KELAS V DI SDN 118 RUMBAI PESISIR PEKANBARU TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Lancang Kuning.

[img] Text
NURUL JANNAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (179kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap peningkatan minat baca siswa di SD N 118 Rumbai Pesisir Pekanbaru Tahun Pelajaran 2012-2013. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 118 Rumbai Pesisir Pakanbaru Tahun Pelajaran 2012-2013, jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 85 siswa. Penentuan sampel menggunakan pendapat Akdon, diperoleh sampel sebanyak 46 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari pemanfaatan perpustakaan sebagai variabel bebas dan peningkatan minat baca siswa sebagai variabel terikat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif. Metode dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket ( kuesioner), dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier sederhana dengan rumus Y= a + bx. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: konstanta sebesar 51.569 menyatakan bahwa besarnya peningkatan minat baca siswa 51.569 dengan asumi pemanfaatan perpustakaan constant koefisien regresi pemanfaatan perpustakaan 0,257 bertanda positif artinya semakian menigkatnya pemanfaatan perpustakaan maka intensitas peningkatan minat baca siswa semakin tinggi, begitu juga sebaliknya. Dari persamaan regresi dapat diketahui bahwa “ ada pengaruh signifikan” antara variabel pemanfaatan perpustakaan ( X) dengan variabel peningkatan minat baca siswa (Y). Ada pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap peningkatan minat baca siswa di SD N 118 Rumbai Pesisir Pekanbaru Tahun Pelajaran 2012. Berdasarkan nilai t hitung = 7.549 dengan harga signifikansi 0,000. Karena nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05 sehingga Ho ditolak yang berarti hipotesis alternative (HI) yang menyatakan ada terdapat pemanfaatan perpustakaan terhadap peningkatan minat baca siswa “ diterima”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Prodi Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 6 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2019 08:39
Last Modified: 31 Dec 2019 08:39
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/1140

Actions (login required)

View Item View Item