Wahyuni, Sri and Reswita, Reswita (2017) Hubungan Kematangan Emosional terhadap Kemampuan Bersosialisasi Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNILAK. Jurnal Pendidikan, 8 (2). pp. 172-178. ISSN 2549-063X
Text
351-Research Results-773-1-10-20180221.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (127kB) |
Abstract
Sebagai calon guru PAUD, mahasiswa PG-PAUD harus memiliki kematangan emosi. Halhal yang berhubungan langsung dengan tingkat kematangan emosi mahasiswa adalah lingkungannya, baik itu di rumah, masyarakat atau lingkungan akademik/kampus. Bagaimana ia mampu menyesuaikan diri, bergaul atau bersosialisasi dengan lingkungan. Di kampus, yang akan ditemui oleh Mahasiswa adalah teman sebaya selain Dosen dan personil Kampus lainnya, sehingga Mahasiswa akan berusaha agar bisa diterima dengan baik oleh teman-temannya. Oleh karena itu jika Mahasiswa bisa diterima baik oleh temannya maka ia cenderung memiliki kestabilan emosi. Karena dengan diterimanya mahasiswa dalam kehidupan teman sebayanya, maka bisa membantu Mahasiswa dalam mengembangkan potensi dirinya dan bisa saling membantu antar sesama. Di duga kematangan emosi memiliki hubungan yang signifikan dengan kemampuan mahasiswa bersosialisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa cukup baik kematangan emosi nya yaitu 64% dari keseluruhan responden, selanjutnya 31% mahasiswa berada pada kategori baik. Namun masih ada 5% mahasiswa yang kurang baik kematangan emosinya. Tingkat sosialisasi mahasiswa di kampus berada pada kategori cukup baik yaitu sebanyak 66% , pada kategori baik yaitu 25% dan masih ada 9% mahasiswa yang memiliki kemampuan bersosialisasi yang kurng baik. Indeks korelasi r hitung antara kematangan emosi dengan sosialisasi mahasiswa diketahui sebesar 0.607 yang berarti lebih besar dari 0,05 sehingga H1 yang menyatakan terdapat hubungan antara kematangan emosi dengan sosialisasi mahasiswa PG-PAUD FKIP UNILAK diterima. Dengan korelasi yang kuat. hubungan cukup kuat. Kata kunci: Kematangan emosi, Kemampuan bersosialisasi, Mahasiswa PG-PAUD
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan & Pendidikan > Prodi Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 4 not found. |
Date Deposited: | 21 Oct 2019 10:15 |
Last Modified: | 21 Oct 2019 10:15 |
URI: | http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/109 |
Actions (login required)
View Item |