Firda, Arlian and zaputra, Riki (2017) Penerapan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Pada Materi Kultur Jaringan Tumbuhan Matakuliah Bioteknologi Tahun Akademik 2016/2017. Jurnal Pendidikan, 8 (2). pp. 165-171. ISSN 2549-063X
Text
350-Research Results-767-1-10-20180221.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (127kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep mahasiswa pada perkuliahan bioteknologi. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Lancang Kuning. Pendekatan dan metode pada penelitian adalah eksperimental kuantitatif dengan alat pengumpul data berupa data pretest dan posttest. Sampel penelitian ditentukan dengan cara purposive random sampling. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester VIA dengan jumlah siswa 33 orang sebagai kelas kontrol dan VIB dengan jumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data dilakukan melalui pretest dan posttest. Hasil data uji-t N-Gain adalah 0,000 < 0,05 (α), maka tolak H0 yang artinya terdapat perbedaan signifikan antara N-Gain kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini juga dapat dilihat dari rerata N-Gain pada kelas eksperimen 0,73 (kategori tinggi), sedangkan pada kelas kontrol 0,37 (kategori sedang). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep mahasiswa pada materi kultur jaringan tumbuhan matakuliah bioteknologi tahun akademik 2016/2017. Kata kunci: laboratorium virtual, Penguasaan konsep, Kultur jaringan tumbuhan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Prodi Agroteknologi |
Depositing User: | Users 4 not found. |
Date Deposited: | 21 Oct 2019 10:15 |
Last Modified: | 21 Oct 2019 10:15 |
URI: | http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/108 |
Actions (login required)
View Item |