PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEDOKTERAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS ABDURRAB PEKANBARU TAHUN AJARAN 2009/2010

HELMA, HELMA (2014) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEDOKTERAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS ABDURRAB PEKANBARU TAHUN AJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Lancang Kuning.

[img] Text
HELMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (109kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul : Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Fakultas Kedokteran Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Kedokteran Universitas Abdurrab Pekanbaru Tahun Ajaran 2009/2010. Tujuan utama penelitian ini yakni untuk mengetahui sejauhmana pengaruh pemanfaatan perpustakaan Fakultas Kedokteran terhadap prestasi belajar mahasiswa Kedokteran Universitas Abdurrab Pekanbaru angkatan tahun 2009/2010. Analisa data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana. Regresi linier sederhana adalah hubungan secara linear antara satu varibel independen (X = Pemanfaatan Perpustakaan) dengan variabel dependen (Y = prestasi belajar). Penelitian menghasilkan data sebagai berikut : (1) Terdapat pengaruh pemanfaatan perpustakaan Fakultas Kedokteran terhadap prestasi belajar mahasiswa Kedokteran Universitas Abdurrab tahun ajaran 2009/2010. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi Y = 33.488 + 0.282 X yang berarti adanya pengaruh X terhadap Y sebesar 0.282. Adapun perhitungan signifikansi dapat dilihat pada kolom signifikan yang menunjukkan anga 0.031 yang berarti lebih kecil dari pada 0.05 dengan demikian berarti pengaruh x terhadap y signifikan. Dan ini juga bermakna H1 diterima dan H0 ditolak. artinya terdapat pengaruh dari pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar mahasiswa kedokteran tahun ajaran 2009/2010. (2) Umumnya mahasiswa kedokteran mengunjungi perpustakaan jika ujian semester berlangsung sebanyak 24,2% responden yang menjawab setuju, semakin tinggi mahasiswa dalam memanfaatkan perpustakaan untuk belajar maka cenderung akan di ikuti dengan kenaikan prestasi belajar yang dicapai, begitu juga sebaliknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Prodi Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 6 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2019 07:37
Last Modified: 31 Dec 2019 07:37
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/1013

Actions (login required)

View Item View Item