PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SALING KETERGANTUNGAN DALAM EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NEGERI 18 PEKANBARU TAHUN AJARAN 2014 / 2015

Irma Suryani, Jumiati (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SALING KETERGANTUNGAN DALAM EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NEGERI 18 PEKANBARU TAHUN AJARAN 2014 / 2015. Lectura: Jurnal Pendidikan, 6 (1). pp. 1-7. ISSN 2549-063X

[img] Text
186-Research Results-403-1-10-20180217.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (108kB)
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/lectura/art...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh snowball tipe learning learning Melempar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada ketergantungan pada konsep ekosistem. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 18 Pekanbaru pada awalnya semester pada tahun akademik 2014 / 2015. Desain penelitian adalah eksperimental semu, The Pretest Only Pretest - Posttest Control Group Design. Sampel penelitian adalah diambil dua kelas dengan jumlah siswa di masing-masing 40 orang yang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel acak sederhana. Data dikumpulkan dengan menggunakan pretest, posttest dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam Penelitian ini adalah 2 sampel uji t independen, jika datanya normal dan homogen. Itu rata-rata kelas eksperimen N-gain adalah 0,72 kategori tinggi dan kelas kontrol adalah 0,44 kategori sedang. Berdasarkan hasil uji statistik yang ada signifikan perbedaan antara rata-rata kelas eksperimen N-Gain dan kelas kontrol. Dengan demikian bisa dapat disimpulkan bahwa ada aplikasi yang signifikan dari pembelajaran snowball tipe pembelajaran Melempar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada ketergantungan pada konsep ekosistem kelas VII SMPN 18 pekanbaru tahun akademik 2014/2015. Kata kunci: lemparan bola salju, prestasi belajar, ekosistem.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan & Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2019 10:20
Last Modified: 21 Oct 2019 10:20
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/170

Actions (login required)

View Item View Item