Analisis pengembangan bahasa Inggris awal anak usia 5 - 6 tahun

Novitasari, Yesi and Bastian, Adolf and Putri, Azlin Atika (2019) Analisis pengembangan bahasa Inggris awal anak usia 5 - 6 tahun. Jurnal PAUD LECTURA, 2 (2). pp. 111-118. ISSN 2598-2524

[img] Text
6. Artikel Analisis pengembangan bahasa Inggris awal anak usia 5 - 6 tahun.pdf

Download (75kB)
[img] Text
6. Turnitin Analisis pengembangan bahasa Inggris awal anak usia 5 - 6 tahun.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. Peer Review Analisis Pengembangan Bahasa Inggris Awal.pdf

Download (265kB)
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectur...

Abstract

Perkembangan bahasa merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh anak usia dini. Kemampuan berbahasa ini semakin baik apabila diasah sedari usia belia khususnya dua sampai empat tahun. Bahasa inggris merupakan bahasa yang asing untuk anak di PAUD Duta Raudha Center Pekanbaru, sehingga dalam proses pembelajarannya harus dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisa pengembangan berbahasa inggris awal anak usia 5-6 tahun. Adapun instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket tertutup. Adapun sampel berjumlah 30 anak usia 5-6 tahun di PAUD Duta Raudha Center Pekanbaru. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa sebagian besar anak mulai berkembang dalam pengembangan berbahasa inggris awal dengan jumlah persentase yaitu berjumlah 31%, diikuti dengan 30% yang menunjukkan anak berkembang sesuai harapan dan 16,25% berkembang sangat baik dalam berbahasa inggris awal. Namun demikian masih terdapat anak usia 5-6 tahun berjumlah sebanyak 22,75% yang belum berkembang dalam berbahasa inggris awal. Sehingga merujuk pada hasil penelitian diatas pada usia 5-6 tahun anak yakni dalam masa Golden Age(masa keemasan)seharusnya mendapatkan stimulasi yang tepat untuk pengembangan berbahasa inggris awal sehingga perkembangan berbahasa inggris awal anak dapat dioptimalkan dan dimaksimalkan

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan & Pendidikan > Prodi Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: DR Adolf Bastian
Date Deposited: 20 Apr 2021 04:53
Last Modified: 31 May 2021 03:58
URI: http://repository.unilak.ac.id/id/eprint/1644

Actions (login required)

View Item View Item